Tidak Susah Kok, Ini 9 Metode Memelihara Ikan Koi buat Pemula

Ikan koi jadi peliharaan yang banyak ditemui di rumah- rumah. Koi berasal dari bahasa Jepang yang berarti ikan karper. Nama koi pula diambil dari kata nishikoi yang maksudnya ikan karper bersulam emas serta perak. Dinamakan demikian sebab ikan koi mempunyai warna bercorak terang, semacam oranye, emas, serta perak pada kulitnya.

Tidak hanya indah serta ialah ikan yang jinak, ikan koi pula dipercaya bagaikan pembawa keberuntungan. Hingga, tidak heran, bila kolam ikan koi tidak cuma ditemui di rumah- rumah. Namun, pula bisa kalian jumpai di pertokoan, kantor, ataupun mall.

Mau memelihara ikan koi pula, Bela? Triknya gampang, kok. Tidak merepotkan, terlebih untuk pendatang baru semacam kita. Ikuti 10 metode memelihara ikan koi buat pendatang baru berikut ini.

1. Mempersiapkan kolam ikan

Perihal awal yang wajib kalian siapkan bila mau memelihara ikan koi merupakan mempersiapkan media peliharaannya. Dalam perihal ini, kolam ikan jadi aspek berarti bila kalian hendak memeliharan ikan koi.

Ikan koi bisa berkembang jadi sangat besar. Hingga dari itu, akuarium tidak lumayan digunakan buat memelihara ikan koi. Kolam jadi tempat yang pas buat memelihara ikan koi supaya perkembangannya maksimal serta mempermudah sirkulasinya.

2. Siapkan kolam dengan air bersih saat sebelum mengisinya dengan ikan

Sehabis kolam siap, jangan langsung memasukan ikan koi di dalamnya. Isi kolam dengan air bersih serta diamkan sepanjang dua- tiga hari terlebih dahulu buat melenyapkan bau semen serta cat yang masih tersisa di dalam kolam. Ubah air sehabis dua- tiga hari serta isi kembali dengan air bersih.

Pada penggantian air selanjutnya, masukan satu- dua ikan koi berdimensi kecil buat memandang keamanan kolam tersebut saat sebelum dimasukan seluruh ikan ke dalamnya.

3. Karantina ikan saat sebelum meletakannya di kolam

Sambil mensterilkan kolam dari bau semen serta material bangunan yang lain, kalian pula dapat sembari melaksanakan karantina ikan saat sebelum meletakannya di kolam. Triknya, taruh ikan pada ember ataupun wadah besar. Bila membolehkan, batasi jumlah ikan di dalam satu wadah supaya ikan tidak tekanan pikiran jual ikan koi blitar super .

4. Pindahkan ikan ke dalam kolam

Apabila kolam sudah siap diisi dengan ikan, kalian dapat memindahkan ikan dari wadah ke kolam. Tetapi, jangan kurang ingat buat menyertakan pula air dari dalam wadah ke dalam kolam supaya ikan tidak kaget serta gampang menyesuaikan diri dengan habitat barunya.

5. Teratur mensterilkan kolam ikan

Sehabis ikan diletakan ke dalam kolam, yakinkan buat senantiasa teratur membersihkannya. 2 minggu sekali jadi waktu yang pas buat mensterilkan ikan. Jangan kurang ingat buat memantau kolam supaya tidak terjalin hal- hal yang tidak di idamkan, semacam pergantian corak air ataupun keadaan ikan.

6. Teratur berikan makan ikan dengan jumlah yang tidak sangat banyak

Sama semacam makhluk hidup yang lain, ikan juga perlu diberi makan secara teratur. Beri makan ikan koi 2 kali satu hari pada pagi serta sore hari dengan jumlah santapan yang tidak sangat banyak.

Tipe santapan yang dapat kalian bagikan kepada ikan merupakan pelet ataupun pakan ikan, cacing rambut, jentik nyamuk, serta kutu air.

7. Senantiasa melindungi kesehatan ikan

Walaupun tidak sangat nampak secara kasat mata, tetapi ikan pula dapat hadapi sakit serta kesimpulannya mati. Umumnya, penyakit pada ikan diakibatkan oleh kuman yang tumbuh biak di air. Buat mencegahnya, kalian wajib senantiasa melindungi kebersihan kolam serta memantau gerak- gerik ikan supaya lekas bisa dicoba aksi bila terjalin hal- hal yang mencurigakan.

Baca Juga : Tingkatkan Visi Anda dengan Cara Alami! Visi Tanpa Glassses!

8. Senantiasa pantau temperatur kolam

Ikan koi umumnya berkembang secara maksimal di air fresh dengan temperatur 24- 26 derajat celsius. Kurang ataupun lebih dari temperatur tersebut bisa mempengaruhi kesehatan ikan. Senantiasa tepi laut temperatur temperatur air di kolam buat menjauhi ikan dari penyakit.

9. Taruh tumbuhan air di dalam kolam

Tumbuhan air, semacam algae ataupun teratai, tidak cuma membuat cantik kolam. Algae berperan pula bagaikan penyuplai oksigen bonus di dalam air, sehingga kolam senantiasa dalam kondisi prima. Biar kolam kalian terus menjadi menawan, taruh sebagian tumbuhan air di dalamnya.

Leave a Reply