Tiga Jenis Ternak Yang Bisa Dipelihara Oleh Peternak Pemula

0 Comments

Ketika orang berpindah dari kehidupan kota ke hidup di pedesaan, mereka tertarik untuk memelihara ternak. Alasannya mungkin berbeda-beda seperti mengapa orang ingin memelihara ternak, beberapa orang memelihara mereka sebagai hewan peliharaan dan beberapa memelihara mereka karena mereka ingin menghasilkan uang dengan menjual hasil ternak.

Apa pun alasannya, beternak dapat dilakukan oleh hampir semua orang yang berdedikasi menjadi peternak dan seseorang yang rela menyisihkan banyak

informasi dasar domba waktunya untuk mengurus dan merawat ternaknya. Untuk memelihara ternak yang sehat, Anda harus memberi hewan perawatan yang tepat seperti memberi mereka makan makanan bergizi ditambah air bersih setiap hari, membangun tempat berlindung yang baik dan memeriksakan mereka ke dokter hewan untuk masalah kesehatan.

Ada berbagai jenis ternak yang mungkin ingin Anda pelihara sebagai peternak pemula. Beberapa dari mereka membutuhkan lebih banyak perawatan daripada yang lain dan mungkin cocok untuk dibesarkan oleh petani baru. Tiga jenis ternak yang cocok untuk peternak pemula adalah kambing, sapi dan domba. Di bawah ini adalah detail lebih lanjut tentang bagaimana Anda bisa membesarkannya.

Budidaya Sapi:

Banyak petani memulai dengan memelihara sapi di peternakan mereka. Sapi merupakan hewan ternak yang bebas stres untuk dipelihara jika dirawat dengan baik. Produk mereka seperti susu dan daging sangat diminati di pasar karena manfaatnya yang bergizi. Ketika Anda memiliki ternak, Anda akan dapat memberi keluarga Anda susu segar setiap hari dan menghemat banyak uang untuk membeli susu.

Saat memulai beternak sapi, Anda harus terlebih dahulu memilih jenis ras yang ingin Anda pelihara. Ada lebih dari 800 jenis trah yang terbagi dalam 3 kategori berbeda yang dikenal sebagai zebus, sapi hibrida dan taurin. Beberapa jenis breed baik untuk produksi susu sementara yang lain cocok untuk produksi daging.

Saat memelihara berbagai jenis ternak, seorang petani harus memasang kandang yang memisahkan mereka yang memakan rumput dan jerami dengan yang memakan pakan yang canggih.

Karena ternak adalah hewan penggembalaan, Anda harus memiliki lahan yang luas jika ingin memelihara mereka. Tanah tempat mereka merumput harus dipagari dengan baik agar ternak aman. Untuk pagar Anda bisa menggunakan kabel listrik atau menggunakan pagar kayu dan baja. Anda juga harus menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk beternak sapi seperti ember, wadah air dan tempat makan.

Meskipun ternak tidak memerlukan semacam tempat berlindung beratap, bukan berarti Anda tidak dapat membangunnya. Penampungan beratap juga akan membantu Anda dalam menyimpan peralatan ternak Anda dan dapat digunakan untuk memerah susu sapi Anda.

Budidaya Kambing:

Kambing adalah jenis ternak lain yang dapat dipelihara oleh peternak pemula dan mereka tidak begitu rentan terhadap penyakit dibandingkan sapi. Mereka juga dapat dibesarkan untuk produksi susu dan daging yang permintaannya tinggi dan harganya lebih mahal daripada produksi ternak.

Saat memulai beternak kambing, Anda harus terlebih dahulu memutuskan jenis kambing yang ingin Anda pelihara. Jenis breeding tergantung pada produk akhir yang ingin dihasilkan dari kambing anda, anda bisa beternak kambing untuk produksi serat, daging enak dan susu yang bergizi tinggi.

Setelah Anda memutuskan jenis kambing yang ingin Anda pelihara, Anda harus memutuskan jumlah kambing yang akan Anda pelihara. Mengetahui jumlah kambing yang akan Anda pelihara akan membantu Anda memperkirakan seberapa luas lahan Anda seharusnya. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kambing bereproduksi hampir setiap tahun sehingga lahannya harus cukup luas untuk menampung pertumbuhan kawanan Anda.

Kambing juga membutuhkan tempat berlindung untuk beristirahat di penghujung hari. Tempat penampungan harus cukup besar agar semua ternak Anda bisa masuk dengan benar tanpa terlalu ramai. Penampungan harus nyaman sehingga mereka bisa tidur di malam hari dan melindunginya dari cuaca buruk seperti terlalu banyak sinar matahari, hujan dan salju. Jangan lupa untuk memagari seluruh lahan penggembalaan agar predator tidak menyerang dan membunuh kawanan Anda.

Beternak Domba:

Beternak domba sangat menarik dan bermanfaat seperti memelihara sapi dan kambing. Jenis ternak ini dapat dipelihara karena berbagai alasan seperti memproduksi wool yang berkualitas, menghasilkan keju dari susunya yang produktif dan daging yang empuk. Hasil bumi ini juga bisa dijual karena permintaannya tinggi.

Domba adalah hewan yang suka merumput di ladang. Jika Anda ingin memelihara domba yang sehat maka Anda harus memiliki lahan rumput hijau yang luas untuk digembalakan oleh ternak. Meskipun memberi makan suplemen biji-bijian domba Anda memainkan peran besar dalam makanan mereka, domba yang diberi makan rumput menghasilkan produk dengan nilai gizi yang lebih tinggi. Karena domba suka merumput dalam kelompok besar sebagai peternak, mungkin sulit untuk mengelolanya di lapangan, jadi sebaiknya Anda memiliki anjing penolong untuk membantu Anda.

Bagian penting dari memelihara domba adalah menjaganya dalam kungkungannya, ini membantu mereka agar tidak tersesat di alam liar dan berakhir dimakan oleh hewan liar seperti kucing hutan, beruang, dan anjing liar. Pada saat yang sama, ini membantu menjauhkan predator ini dari area penggembalaan. Menggunakan pagar berlistrik dapat banyak membantu dan juga mudah dipasang.

Untuk menangkal unsur-unsur alam yang dapat berbahaya bagi ternak Anda, Anda harus menginvestasikan sejumlah uang untuk membangun kandang yang baik untuk domba Anda. Saat mendesain rumah, pastikan Anda membuat saluran untuk mengelola domba saat Anda perlu melakukan pemeriksaan pada setiap domba atau saat memvaksinasi mereka.

Seperti yang Anda lihat, beternak dapat dilakukan oleh hampir semua orang jual domba murah area solo, surakarta bahkan jika Anda tidak memiliki pengalaman sebelumnya atau tidak dibesarkan di peternakan. Sama seperti jenis hewan peliharaan lainnya, mereka perlu dirawat dan memastikan mereka pergi dalam kondisi yang nyaman.

Saat memulai yang terbaik untuk pertama kali memulai dengan memelihara satu jenis ternak, lalu beralih ke jenis lain setelah Anda mendapatkan pengalaman dari rangkaian ternak pertama Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *