OTONOMI DAERAH : Pemahaman, Arah, Azas, Penerapan & Fundamen Hukum

0 Comments

Kata Otonomi diambil dari kata Autos (bahasa Yunani) yang berarti ‘sendiri’ serta namos yang berarti ketentuan atau undang-undang. Berdasar hal itu, karena itu arti dari otonomi Wilayah ialah ketentuan atau undang-undang sendiri.

Pemahaman Otonomi Wilayah ialah satu wewenang yang dikasih ke wilayah spesifik untuk wilayah yang bisa mengendalikan sendiri ketentuan di wilayahnya. Namun ada dalam daerah kekuasaan NKRI.

Dalam mengendalikan serta mengurus kekuatan wilayahnya karena itu wilayah yang diberi Otonomi Wilayah itu dapat semakin bebas dalam membuat beberapa ketentuan yang tentu saja dapat semakin memajukan wilayahnya itu.

Anda dapat lihat di Aceh sekarang termasuk juga banyak mempunyai beberapa kesejahteraan di penduduknya diantaranya ialah ada pendidikan gratis di Aceh. Dibanding dengan wilayah yang lain dalam soal ongkos pendidikan.

Aceh benar-benar memberikan kelonggaran pada penduduknya agar mengenyam pendidikan sampai ke tahap paling tinggi tanpa ada banyak keluarkan ongkos. Itu salah satunya contoh kelebihan dari Otonomi Wilayah.

Tentu saja dengan diselenggarakannya Otonomi Wilayah, Negara mempunyai arah tertentu edmodo.id . Diantaranya adanya Otonomi Wilayah diinginkan supaya berlangsung pemerataan di wilayah, hingga dengan begitu wilayah yang memperoleh Otonomi Wilayah itu tentu saja semakin lebih dapat mengatur pembangunan di wilayahnya sendiri hingga dapat semakin konsentrasi serta maju.

Disamping itu adanya Otonomi Wilayah diinginkan bisa memberi service yang lebih bagus lagi pada warga. Sebab untuk wilayah yang memperoleh wewenang sendiri karena itu tentu saja wilayah itu semakin lebih bisa layani rakyatnya sendiri lebih baik lagi.

Selanjutnya Otonomi Wilayah itu dapat jadi salah satunya bentuk dari peningkatan demokrasi yang lebih bagus, sebab tentu saja adanya Otonomi Wilayah karena itu inspirasi rakyat dapat semakin terdengar sebab dengan cara dapat langsung disampaikan pada pemerintah wilayahnya. yang mempunyai wewenang untuk melakukan langsung inspirasi yang dikatakan oleh warga di wilayah. Pada akhirnya pendayagunaan warga juga dapat semakin terwujud serta rakyat juga semakin sejahtera.

Dalam jalankan Otonomi Wilayah karena itu ada banyak konsep yang perlu dihargai oleh pemerintahan wilayah yang memperoleh wewenang Otonomi Wilayah ini. Otonomi Wilayah ini tentu saja diberi dengan konsep seluas-luasnya tetapi dengan batasan yang tersangkut fiscal nasional, politik luar negeri, keamanan serta beberapa hal-hal lain yang tidak dapat diatasi oleh wilayah dengan sendiri.

Otonomi Wilayah harus dikerjakan untuk kebutuhan dalam wilayah hingga dapat semakin jamin kesejahteraan yang didapatkan oleh warga dalam wilayah. Setelah itu konsep Otonomi Wilayah ialah riil, berarti pada intinya keharusan, pekerjaan serta kuasa itu telah ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *