Keputihan Waktu Hamil: Pemicu, Tipe, serta Langkah Menangani

0 Comments

Warna serta struktur keputihannya dapat mengisyaratkan situasi spesifik lho, Moms

Semua wanita, lepas sedang jalani waktu kehamilan atau mungkin tidak, pernah merasakan keputihan. Situasi diawali di waktu pubertas serta usai saat menopause.

Buat Moms yang sedang hamil, kemungkinan sekarang ini mengalami keputihan waktu hamil. Tapi jangan cemas, sebab situasi ini sebetulnya benar-benar normal berlangsung.

Menurut National Health Service, pada semua wanita, keputihan yang sehat umumnya tipis, jernih atau berwarna putih susu, serta semestinya tidak berbau aneh.

Kenali selanjutnya serta detil mengenai keputihan waktu hamil di bawah ini.

Keputihan Normal Waktu Hamil

Mencuplik American Pregnancy Association, disebut jika keputihan normal semasa kehamilan yang disebutkan leukorea ini teksturnya tipis, berwarna putih, susu, serta bau mudah.

Bila keputihan berwarna hijau atau kekuningan, bau kuat, serta/atau dibarengi kemerahan atau gatal, ini kemungkinan adalah infeksi vagina. Salah satunya infeksi vagina umum waktu kehamilan ialah kandidiasis, diketahui untuk infeksi jamur.

Dalam jurnal Obstetrics and Gynecology International, disebut keputihan ialah hal yang normal berlangsung pada wanita di umur subur.

keputihan saat hamil yang abnormal semakin banyak serta berbau tidak membahagiakan, umumnya dibarengi dengan gatal vulva atau vagina, ketidaknyamanan, serta/atau rasakan sakit pada vagina saat berhubungan seks.

Pemicu Keputihan Waktu Hamil

Dalam jurnal sama, diketemukan jika wanita semakin muda dengan situasi sosial ekonomi rendah, mempunyai kisah aborsi di waktu dulu, alami keputihan di kehamilan awalnya, dirawat sebab stres, anemia, serta infeksi aliran kemih semasa kehamilan, semakin condong mempunyai keputihan waktu hamil.

Disamping itu, kenaikan kandungan estrogen badan semasa kehamilan tingkatkan saluran darah ke wilayah panggul serta merangsang selaput lendir, membuat keputihan waktu hamil.

“Keputihan waktu hamil adalah “skema pembersihan diri” pada vagina, menolong menahan infeksi dengan buang bakteri, jaga vagina di tingkat pH normal serta singkirkan beberapa sel mati,” jelas Kerry Harris, seorang bidan di Vancouver mencuplik Today’s Parent.

Memperbedakan Keputihan Normal serta Tidak Normal

Walau normal berlangsung, tapi keputihan waktu hamil dapat juga mengisyaratkan situasi kesehatan spesifik, dengan lihat warna serta beberapa ciri keputihan yang tidak normal.

Menurut National Health Service, check bila keputihan yang dirasakan ialah normal. Keputihan yang berlangsung waktu hamil umumnya tak perlu dicemaskan bila mempunyai beberapa ciri berikut:

Tidak berbau yang kuat atau mungkin tidak membahagiakan
Warna jernih atau putih
Tebal serta lengket
Licin serta basah
Banyaknya keputihan pada wanita hamil beragam. Umumnya, keputihan semakin lebih banyak semasa kehamilan, bila aktif dengan cara seksual, atau jika memakai alat kontrasepsi.

Bila cairannya beralih dari sisi aroma, warna atau struktur, dapat jadi adalah sinyal dari infeksi pada vagina.

Berbau amis, mengisyaratkan vaginosis bakteri
Struktur yang tebal serta putih seperti keju cottage mengisyaratkan thrush
Warna hijau, kuning atau berbusa, mengisyaratkan trickomoniasis
Jika keputihan diimbangi dengan ngilu atau pendarahan panggul, mengisyaratkan klamidia atau gonore
Jika berlangsung lepuh atau cedera, mengisyaratkan herpes genital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *